Hendri Ismail
Hendri Ismail
Seorang Mahasiswa Sastra Indonesia yang Hobi Menulis dan Jalan-Jalan.
Sep 17, 2019 3 min read

Cara Membuat Pidato yang Baik dengan Mudah

Cara Membuat Pidato yang Baik dengan Mudah

Setelah mempelajari tentang kalimat. Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara membuat pidato yang baik. Sebelum beranjak ke pembahasan lebih lanjut. Ada baiknya kita mengetahui tentang apa itu pidato dan fungsi pidato terlebih dahulu.

Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu hal baik itu kebijakan baru, pendapat dan lainnya.Fungsi pidato antara lain adalah untuk mempermudah komunikasi ke pada banyak orang, menciptakan suatu suasana yang kondusif di mana satu orang akan mewakili pendapat banyak orang dan lain sebagainya.

Cara Membuat Pidato

Setelah kita mengetahui apa itu pidato dan fungsinya. Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara membuat pidato. Untuk menghasilkan sebuah pidato yang baik, mudah dimengerti, sesuai untuk berbagai kondisi dan juga mampu diterima baik oleh para pendengar maka setidaknya kamu perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Perhatikan unsur pembuat pidato

Langkah pertama adalah kamu harus memerhatikan unsur yang ada dalam sebuah pidato guna menghasilkan teks pidato yang baik. Unsur tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

a. Pembuka

Pembuka pidato bisa berisikan salam pembuka, sapaan, ucapan puji syukur dan juga tema pidato yang akan disampaikan.

Contohnya:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera bagi kita semua…

Kepada Yth….

Dan yang saya hormati para hadirin sekalian

Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melindungi kita sehingga kita semua dapat berkumpul dalam rangka …

b. Isi

Isi ini adalah bagian utama pidato yang berisi berbagai opini dan fakta yang dirancang sedemikian rupa guna menghasilkan sebuah pidato yang baik.

Contohnya:

Masalah lingkungan hidup ini sangatlah penting untuk kita bahas bersama lantaran … menurut survey … Jadi, sebaiknya kita …

(Mengemukakan topik masalah disertai dengan fakta dan solusi)

c. Penutup

Bagian penutup ini berisi kesimpulan, ucapan terimakasih dan juga salam.

Contohnya :

Semoga pidato ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih…

Wassalammualaikum Wr Wb

Keseluruhan unsur tersebut akan membentuk sebuah kesatuan dan akhirnya bisa menghasilkan sebuah pidato yang baik.

2. Kesesuaian tema dengan isi pidato

Pidato biasanya disampaikan dalam berbagai event penting yang dihadiri oleh khalayak banyak. dan setiap event tersebut, pastinya mengusung tema tertentu. Untuk membuat sebuah pidato yang baik maka isi pidato tersebut harus disesuaikan dengan tema acara.

Pembahasannya pun sebaiknya juga dilengkapi dengan beberapa opini yang didukung dengan fakta yang ada di lapangan agar mampu membuat para pendengar merasa percaya dan paham mengenai apa yang ingin disampaikan.

Contoh:

Jika event tersebut memiliki tema cinta lingkungan maka isi pidato tersebut haruslah membahas masalah mengenai hal tersebut.

3. Bahasa

Penggunaan bahasa yang baik sangatlah penting. Oleh karena itu, susunan bahasa maupun kalimat yang ada dalam teks pidato harus efektif, jelas, tidak bertele-tele dan juga mudah dipahami. Hal ini bertujuan agar para pendengar mampu lebih mudah mencerna informasi yang ingin disampaikan. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak mengandung unsur yang provokatif.

Kesimpulan

Nah, itulah berbagai cara membuat pidato. Setelah kamu berhasil membuatnya, akan lebih baik kalau kamu membacanya sekali lagi guna memeriksa apakah pidato hasil buatanmu masih memiliki kesalahan baik tanda baca atau kesalahan pemilihan kata.

Semoga bermanfaat…