Hendri Ismail
Hendri Ismail
Seorang Mahasiswa Sastra Indonesia yang Hobi Menulis dan Jalan-Jalan.
Jan 10, 2021 3 min read

Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genrenya

Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genrenya

Novel adalah salah satu karya seni yang memiliki banyak sekali peminat. Novel sendiri merupakan karya fiksi yang menceritakan beragam kejadian yang dialami oleh si tokoh utama.

Novel biasanya memiliki gaya bahasa yang sangat menarik serta deskriptif. Hal ini bertujuan agar para pembaca seolah-olah bisa mendengar, melihat serta merasakan sendiri hal yang tengah diceritakan. Novel biasanya memiliki jumlah kata lebih dari 10.000 kata.

Ada banyak sekali kategori novel berdasarkan jenisnya. Namun, kali ini kita akan lebih fokus pada beberapa Jenis novel berdasarkan genre seperti berikut ini,

Genre Novel Berdasarkan Kenyataan

Berdasarkan kenyataannya atau kebenaran isi cerita, genre Novel dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Novel Fiksi

Merupakan Novel yang terinspirasi sepenuhnya dari imajinasi atau khayalan penulis sehingga setiap kejadian atau cerita tersebut tidaklah benar-benar terjadi di dunia nyata.

Kebanyakan Novel saat ini juga merupakan jenis novel fiksi. Contoh novel fiksi yang terkenal adalah “Harry Potter” karya JK. Rowling.

2. Novel Nonfiksi

Jika Novel Fiksi hanya berdasarkan pada imajinasi semata. Maka, Novel Nonfiksi ini merupakan novel yang didasarkan pada cerita nyata.

Sumbernya bisa jadi pengalaman seseorang atau kejadian yang memang pernah terjadi. Contohnya saja, novel “Laskar Pelangi” dan novel-novel yang menceritakan Tokoh Pahlawan seperti novel “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Baca Juga: Perbedaan Novel dan Cerpen

Genre Novel Berdasarkan Isi Cerita

1. Novel Romantis

Merupakan jenis novel yang menceritakan kisah cinta atau romansa. Novel bergenre ini juga merupakan salah satu novel yang sangat diminati, terutama di Indonesia sendiri.

Contoh Novel bergenre ini adalah novel “Ketika Cinta Bertasbih” dan “Dilan”.

2. Novel Misteri

Jenis Novel yang satu ini biasanya memunculkan banyak sekali teka-teki yang harus dipecahkan oleh para pembacanya.

Alurnya sulit ditebak dan membuat banyak orang penasaran. Contoh novel ini adalah “Detektif Konyol” dan “Sherlock holmes”.

3. Novel Komedi

Adalah jenis novel yang isinya ringan dan sangat menghibur. Novel jenis ini juga kerapkali membuat para pembacanya tertawa terpingkal-pingkal.

Contoh Novel komedi ini adalah novel “Kambing Jantan” dan “Koala Kumal” karya penulis Raditya Dika.

4. Novel Fanfiction

merupakan novel yang bercerita tentang kisah fantasy seorang idola yang ditulis oleh para penggemarnya.

Contohnya adalah novel “The Mafia” dan “Kimbum : Princess di Mangkuk Bubur”.

5. Novel Petualangan

Merupakan novel yang bercerita tentang kisah petualangan sang tokoh utama. Contoh novel ini adalah : “A Journey to the West”.

Baca Juga: Jenis-Jenis Roman

Berdasarkan Isi dan Tokoh

Jika ditilik berdasarkan isi serta tokoh yang diceritakan, jenis novel bisa dibedakan menjadi beberapa, yakni :

  1. Novel Teenlit : merupakan novel yang mengambil cerita kehidupan para remaja. Ceritanya biasanya akan difokuskan seputar kehidupan persahabatan, percintaan remaja, permasalahan anak remaja dan lain sebagainya.
  2. Novel Chicklit : Merupakan movel yang bercerita tentang kehidupan wanita muda dan segala permasalahannya.
  3. Novel Metropop : merupakan novel yang bercerita mengenai kehidupan metropolitan.
  4. Novel Songlit : merupakan novel yang ditulis berdasarkan sebuah lagu.
  5. Novel Dewasa : merupakan novel yang dikhususkan untuk para pembaca yang sudah dewasa. Baik itu dari segi permasalahan ataupun gaya bahasa. Semuanya ditujukan untuk para pembaca yang telah menginjak usia dewasa. Biasanya Novel ini akan lebih bisa dipahami oleh orang-orang dewasa saja.