Hendri Ismail
Hendri Ismail
Seorang Mahasiswa Sastra Indonesia yang Hobi Menulis dan Jalan-Jalan.
Feb 10, 2021 3 min read

Jenis Roman Berdasarkan Titik Berat Ceritanya

Jenis Roman Berdasarkan Titik Berat Ceritanya

Roman adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang menceritakan mengenai ungkapan hati atau cerita hidup tokohnya yang berawal dari masa kelahiran sampai dewasa atau bahkan sampai tokoh tersebut meninggal dunia.

Ciri-ciri Roman antara lain adalah adanya tokoh yang dapat diceritakan secara detail, memiliki alur cerita yang kompleks, serta tokohnya fiktif.

Perbedaan antara Roman dan Novel adalah Roman biasanya lebih panjang dibandingkan novel dan Roman biasanya akan lebih fokus pada cerita si tokoh utama selama hidupnya.

Sementara Novel lebih ke sebuah kejadian yang mengubah hidup di tokoh utama atau yang menimbulkan konflik. Novel juga tidak harus menceritakan kehidupan tokoh utama dari lahir.

Jenis-Jenis Roman

Ada beberapa jenis roman harus kamu ketahui.

Kali ini, kita akan membahas beberapa jenis roman berdasarkan pada penitikberatan cerita :

1. Roman Kriminal dan Detektif

Roman kriminal sendiri adalah roman yang memiliki tokoh utama seorang Kriminal. Biasanya dalam Roman kriminal akan diceritakan bagaimana si tokoh tersebut melakukan berbagai tindak kejahatan serta caranya untuk lolos.

Sementara itu, Roman Detektif biasanya akan memiliki tokoh utama seorang detektif yang sedang memburu tokoh jahat. Dalam Roman detektif akan disuguhkan beberapa teka-teki seputar kejadian kriminal serta cara detektif tersebut memecahkan masalah tersebut.

Roman Detektif serta Roman Kriminal adalah salah satu jenis roman yang sangat disukai oleh para pecinta cerita Action dan Crime. Dalam dua jenis ini sering kali ada Plot Twist yang membuat para pembaca semakin tertarik. Contohnya adalah Roman karya Adi Soma “Cincin Stempel”.

2. Roman Petualangan

Roman Petualangan ini akan menceritakan seorang tokoh yang sedang melakukan pengembaraan atau sebuah petualangan yang sangat berbeda dari kehidupan sehari-harinya. Roman petualangan ini sendiri adalah aalah satu roman yang tergolong masih baru dan diperkenalkan pada sekitar abad-20. Contohnya adalah Roman “Dr. Haslinda” karya Rivai Marlaut.

3. Roman Psikologi

Jenis roman selanjutnya adalah Roman Psikologi. Roman ini adalah Roman yang lebih menggambarkan keadaan jiwa atau pergulatan batin para tokohnya secara mendetail. Contohnya adalah Roman ‘Atheis’ karya Achadiat Karta Miharja.

4. Roman Romansa atau percintaan

Roman percintaan ini adalah salah satu jenis roman yang menceritakan mengenai kisah cinta dari sang tokoh utama. Biasanya akan ada banyak sekali lika-liku kisah cinta yang akan dialami sang tokoh utama. Roman jenis ini adalah salah satu jenis roman yang banyak digemari terutama oleh kaum wanita. Contohnya adalah “Medan di Waktu Malam” karya O. M. Taufik.

5. Roman hiburan

Roman ini merupakan Roman yang ringan untuk di baca. Permasalahan yang ditampilkan juga merupakan permasalahan nyata yang mungkin sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

6. Roman Pendidikan

Merupakan roman yang sarat akan nilai pendidikan yang bisa diambil oleh para pembaca. Selalu ada makna yang tersirat yang bisa pembaca simpulkan di akhir cerita roman. Contohnya adalah ‘Salah Asuhan’ karya Abdul Muis.

7. Roman Anak Remaja

Merupakan roman yang lebih fokus pada cerita anak remaja. Contoh Roman remaja yang terkenal adalah ‘Si Dul Anak Jakarta’ karya Aman.

Baca Juga: Perbedaan Cerpen dan Novel

Kesimpulan

Itulah berbagai jenis roman jika ditilik berdasarkan penitikberatan cerita. Selain jenis-jenis di atas masih ada banyak sekali roman yang dibedakan berdasarkan masing-masing kategorinya. Semoga bermanfaat.