Hendri Ismail
Hendri Ismail
Seorang Mahasiswa Sastra Indonesia yang Hobi Menulis dan Jalan-Jalan.
Jan 5, 2020 3 min read

Perbedaan Cerpen dan Novel yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan Cerpen dan Novel yang Harus Kamu Ketahui

Pernahkah kamu membaca cerpen atau novel? Menurutmu, adakah perbedaan antara keduanya. Pada dasarnya, cerpen dan novel sama-sama termasuk dalam sebuah karya yang dikemas dalam bentuk tulisan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa perbedaan antara cerpen dan novel dari berbagai segi. Berikut, beberapa perbedaan di antara keduanya :

Pengertian Cerpen Vs Novel

Cara membedakan cerpen dan novel yang paling mudah adalah melalui pengertiannya masing-masing. Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karya sastra yang menceritakan sebuah kisah singkat mengenai sesuatu atau seseorang.

Sementara itu, Novel adalah sebuah karya sastra yang menceritakan sebuah kisah dengan sangat terperinci.

Perbedaan cerpen dan novel

Selain dari pengertiannya, ada beberapa perbedaan cerpen dan novel yang harus kamu ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Panjang narasi

Pada umumnya, cerpen memiliki panjang kurang dari 10 ribu kata. Sementara itu, Novel memiliki panjang lebih dari 40 ribu kata. Oleh karena itu, novel lebih panjang dan lengkap dibandingkan dengan cerpen.

Penjabaran secara lebih terperinci dalam novel inilah yang membuat novel lebih panjang dibandingkan dengan cerpen.

2. Penokohan

Dalam sebuah cerpen, tokoh dijelaskan secara singkat dan jelas. Hanya ada beberapa ciri fisik yang ditonjolkan. Hal ini dikarenakan cerpen terbatas pada jumlah kata sehingga semuanya harus diceritakan dengan lebih singkat.

Lain halnya dengan novel. Penokohan atau karakter yang ada dalam novel dijelaskan dengan lebih terperinci. Penokohannya digambarkan secara jelas mulai dari fisik, keluarga, kerabat sang tokoh, sifat sang tokoh itu sendiri hingga pada kebiasaan atau kesukaan tokoh.

Karena novel tidak terbatas pada maksimal jumlah kata. Maka, Novelis (Penulis Novel) bisa lebih leluasa menggambarkan sebuah tokoh. Selain itu, hal ini bertujuan agar pembaca lebih bisa mendalami karakter tokoh. Dari gambaran yang terperinci tersebut, di harapkan para pembaca novel dapat dengan lebih mudah membayangkan tokoh yang dimaksud.

3. Alur Cerita

Perbedaan cerpen dan novel yang selanjutnya bisa ditilik dari segi alur cerita. Alur cerita dalam cerpen lebih singkat dan sederhana. Permasalahan atau problem yang menjadi pokok bahasan dalam cerpen biasanya hanya satu.

Contohnya, cerpen tentang persahabatan. Mulanya akan digambarkan mengenai awalan cerita yaitu tentang persahabatan antara A dan B. Kemudian, masalah datang. Terjadi keretakan antara hubungan keduanya. Kemudian adanya penyelesaian masalah.

Dalam novel permasalahan yang timbul lebih complicated dan rumit, tidak hanya ada satu masalah namun ada beberapa masalah lain yang timbul. Sehingga alurnya pun lebih rumit dibandingkan dengan alur dalam cerpen.

4. Latar yang digunakan

Karena terbatas pada jumlah kata, maka latar yang digunakan dalam cerpen juga lebih terbatas. Umumnya, latar (tempat, suasana atau latar waktu) dalam cerpen digambarkan secara lebih singkat dan hanya muncul beberapa saja yang dianggap penting.

Kesimpulan

Itulah berbagai perbedaan cerpen dan novel yang harus kamu ketahui. Novel biasanya dimuat penuh satu buku. Sementara itu, biasanya jika kamu membeli buku cerpen maka isinya akan ada beberapa cerpen yang digabung menjadi 1 (kumpulan cerpen).

Sebenarnya perbedaan cerpen dan novel yang utama terletak pada jumlah katanya. Yang pasti, Novel lebih panjang dibandingkan dengan cerpen. Dan sebuah cerpen sebenarnya bisa dikembangkan menjadi sebuah novel.

Semoga bermanfaat…