Hendri Ismail
Hendri Ismail
Seorang Mahasiswa Sastra Indonesia yang Hobi Menulis dan Jalan-Jalan.
Feb 1, 2020 3 min read

Mengenal Perbedaan Karangan Ilmiah dan Karangan Non Ilmiah

Mengenal Perbedaan Karangan Ilmiah dan Karangan Non Ilmiah

Setelah membahas beberapa perbedaan dasar antara cerpen dan novel. Kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan Karangan Ilmiah dan Non Ilmiah Yuk, simak uraiannya berikut ini :

Karangan Ilmiah

Karangan Ilmiah adalah sebuah karangan yang merupakan hasil dari sebuah kegiatan yang berupa observasi, disertai bukti yang kuat dan juga disusun berdasarkan kaidah bahasa baku.

Pastinya kamu sudah sering menjupai karangan ilmiah, bukan? Selain menggunakan bahasa yang baku. Karangan ilmiah ini juga memiliki beberapa bagian tertentu seperti abstrak, isi dan juga penutup.

Ciri Karya Ilmiah

Perbedaan Karangan Ilmiah dan Non Ilmiah dapat ditilik dari cirinya masing-masing. Ciri karya ilmiah sendiri adalah sebagai berikut :

· Objektif.

· Logis / dapat diterima.

· Netral / tidak memihak.

· Sistematis.

· Menggunakan bahasa formal.

· Menyajikan fakta yang didukung berdasarkan bukti nyata.

· Tidak menggunakan kata-kata yang tidak baku, berlebihan dsb.

Jenis Karya Ilmiah

Secara umum, jenis karya ilmiah dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Karya Ilmiah Pendidikan

Biasanya jenis karya ilmiah yang satu ini sering dibuat dalam dunia pendidikan terutama untuk para mahasiswa / mahasiswi yang menempuh semester akhir. Pembuatan karya ilmiah ini bertujuan sebagai salah satu syarat kelulusan. Contohnya adalah Skripsi, Thesis dan sebagainya.

  1. Karya Ilmiah Penelitian

Yang selanjutnya ada karya ilmiah penelitian, karya ilmiah jenis ini digunakan untuk memberikan laporan atau catatan tertulis terkait penelitian yang telah dilakukan oleh sebuah instansi atau organisasi. Contohnya adalah Jurnal Penelitian.

Karya Tulis Non Ilmiah

Setelah membahas mengenai Karya Tulis Ilmiah, selanjutnya kita akan membahas mengenai Karya Tulis Non Ilmiah. Karya Tulis Non Ilmiah adalah sebuah karya tulis yang menyajikan sebuah karangan yang berisi pengalaman pribadi, opini dan lain-lain.

Ciri karya tulis Non Ilmiah

Ada beberapa ciri Karya Tulis Non Ilmiah yang perlu kamu ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut :

a. Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi.

b. Karena ditulis secara pribadi, sudut pandang penulisannya pun lebih subyektif.

c. Memiliki sifat persuasif / membujuk.

d. Gaya bahasa disesuaikan dengan metode penulisan yang diinginkan penulis. Bisa santai ataupun formal.

e. Memiliki sifat imajinatif.

f. Tidak harus didukung dengan sebuah bukti.

Jenis Karya Tulis Non Ilmiah ini adalah Cerpen, Novel, Puisi dan sebagainya.

Perbedaan Karangan Ilmiah dan Non Ilmiah

Setelah kita membahas pengertian keduanya satu per satu, sekarang kita akan membahas perbedaan yang paling dasar dan menonjol di antara keduanya. Berikut di antaranya :

  1. Isinya : Perbedaan Karangan Ilmiah dan Non Ilmiah yang pertama adalah berdasarkan isinya. Karya ilmiah mengandung beberapa subjek penelitian yang konkret dan dapat dibuktikan. Sementara, karangan non ilmiah merupakan karangan yang lahir dari pengalaman, imajinasi ataupun pengetahuan penulis tanpa harus dibuktikan dengan bukti konkret.

  2. Bahasa : bahasa karangan non ilmiah lebih bebas dan fleksibel dibandingkan dengan karya ilmiah yang dalam penulisannya harus mematuhi aturan penulisan tertentu.

  3. Tujuan : penulisan karya ilmiah biasanya bertujuan sebagai dokumentasi sebuah penelitian ataupun syarat / tugas sekolah. Sementara itu, karya tulis non ilmiah lebih kepada untuk hiburan.

Nah, itulah beberapa perbedaan Karangan Ilmiah dan Non Ilmiah. Semoga bermanfaat ya….

Salam…