Hendri Ismail
Hendri Ismail
Seorang Mahasiswa Sastra Indonesia yang Hobi Menulis dan Jalan-Jalan.
Aug 10, 2019 3 min read

Mengenal Perbedaan Kata, Frasa, Klausa, dan Kalimat

Mengenal Perbedaan Kata, Frasa, Klausa, dan Kalimat

Setelah kita mempelajari tentang klausa. Kali ini, kita akan mempelajari beberapa perbedaan antara kata, frasa, klausa dan kalimat. Mungkin banyak dari kalian yang masih mengira bahwa 4 istilah ini memiliki arti yang sama. Namun, sebenarnya tidak. Ada beberapa hal yang membedakannya.

Berikut beberapa perbedaan antara kata, frasa, klausa dan kalimat :

Ditilik dari segi pengertian

4 istilah tersebut tentunya memiliki pengertiannya masing-masing.

Kata : kata sendiri adalah sebuah unit terkecil dari bahasa yang memiliki sebuah makna yang umumnya terdiri dari satu atau lebih mofem. Contohnya :

  • Aku

  • Kamu

  • Kita

  • Kucing

Contoh di atas adalah sebuah “kata”.

Frasa : Frasa adalah merupakan gabungan yang terdiri dari setidaknya dua kata. Dalam frasa ini tidak ada unsur predikat (P) sehingga tidak berpotensi untuk menjadi sebuah kalimat. Contoh frasa :

  • Ayam saya

  • Kucing saya

  • Rumah saya

  • Makan hati

Klausa : klausa terdiri dari subjek + predikat. Terkadang klausa juga terdiri dari Objek dan keterangan. Namun, klausa ini tak berpotensi untuk menjadi sebuah kalimat (kecuali klausa bebas) lantaran tak memiliki intonasi akhir. Contoh klausa :

  • Adik berlari

  • Kakak Memasak

Kalimat : kalimat adalah sebuah rangkaian kata yang memiliki unsur lengkap dan mampu berdiri sendiri serta memiliki makna tertentu. Contohnya :

  • Aku pergi ke pasar tadi pagi.

  • Ibu dan Ani sedang memasak di dapur.

Jika ditilik dari pengertian di atas, perbedaan antara kata, frasa, klausa dan kalimat sangatlah jelas. Jadi, kata adalah satuan terkecil sementara kalimat merupakan yang terlengkap dan mengandung sebuah makna secara utuh.

Perbedaan Kata, Frasa, Klausa, dan Kalimat jika Ditilik dari Berbagai Aspek

a. Pemisah

Kata dipisahkan oleh spasi, sementara kalimat dipisahkan oleh titik.

b. Ditilik dari sifat bahasa

Perbedaan yang selanjutnya adalah sifat bahasa. Kita bisa melihat perbedaan antara kata, frasa, klausa dan kalimat jika ditilik apakah bisa berdiri sendiri atau tidak. Kata tidak dapat berdiri sendiri, ia membutuhkan kata lainnya agar bisa menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Frasa pun begitu, ia juga tak dapat berdiri sendiri. Sementara itu, klausa dapat berdiri sendiri dan berpotensi untuk menjadi sebuah kalimat terutama klausa yang berjenis klausa bebas.

Sementara itu, kalimat sudah jelas bisa berdiri sendiri lantaran memiliki unsur yang lengkap.

c. Keberadaan unsur predikat

Perbedaan antara kata, frasa, klausa, kalimat yang selanjutnya adalah keberadaan mengenai unsur predikatnya. Kata yang merupakan satuan terkecil tentunya tak masuk dalam kategori ini. Frasa juga tak memiliki predikat di dalamnya. Sementara itu, klausa dan juga kalimat pasti memiliki predikat.

d. Pola Intonasi Akhir

Perbedaan antara kata, frasa, klausa dan kalimat yang selanjutnya bisa ditilik dari pola intonasi akhir. Bagaimana cara mengetahui ada atau tidaknya pola intonasi akhir ini? kita bisa melihat ada atau tidaknya pola intonasi akhir ini dengan melihat penggunaan tanda baca yang ada di akhir sebuah kalimat. Seperti, titik, tanda seru, tanda tanya dan lain sebagainya.

Kalimat sudah pasti memiliki pola intonasi akhir. Klausa jika dikembangkan menjadi sebuah kalimat juga bisa memiliki pola intonasi akhir. Sementara itu, Frasa tidak memilikinya.

Kesimpulan

Setelah membaca uraian di atas tentunya kamu tidak akan bingung lagi bukan mengenai perbedaan antara kata, frasa, klausa dan kalimat. Semoga bermanfaat ya…

Salam…